June 24, 2011

Wikipedia Bahasa Aceh, Masih Kekurangan Artikel

Wikipedia Bahsa Aceh

Wikipedia adalah proyek ensiklopedia multibahasa dalam jaringan yang bebas dan terbuka, yang dijalankan oleh Wikimedia Foundation, sebuah organisasi nirlaba yang berbasis di Amerika Serikat. Nama Wikipedia berasal dari gabungan kata wiki dan encyclopedia. Wikipedia dirilis pada tahun 2001 oleh Jimmy Wales dan Larry Sanger, dan kini merupakan karya referensi paling besar, cepat berkembang, dan populer di Internet. Proyek Wikipedia bertujuan untuk memberikan ilmu pengetahuan manusia.
Kini Wikipedia juga tersedia dalam bahasa Aceh. Namun Wikipedia Bahsa Aceh ini masih angat sepi dari artikel maupun dari pengunjung.
Sejak dibuka pada bulan Agustus 2009 hingga hari ini (24/6/2011) baru ada 1525 artikel dan 4246 pengguna. Bahkan saat saya mencari tentang "bungong jeumpa",yang notabenenya merupakan bunga asal Aceh, di kolom pencarian muncul tulisan "Tidak ada hasil yang sesuai dengan kriteria". Dan menurut saya artikelnya masih sangat sederhana dan belum lengkap, terbukti saat saya membuka artikel tentang "Cangguk" (katak), yang muncul adalah tulisan singkat seperti ini :"Cangguk nakeuh saboh binatang nyang galak duek bak dua tempat, jeut di meu udep dalam i atawa ateuh darat, cangguk binatang yang i meugrak dengon cara i grop-grop, biasa paleng jai i jih ta teume lam paya, ureung aceh biasa jih na geucok cangguk untuk geu boh keu eumpeun keumawe." 
Oleh karena itu, marilah sama2 kita ramaikan dan membantu melengkapi kekurangan artikel2 di Wikipedia Bahsa Aceh dengan cara menuliskan artikel kita di situ dan memperbaharui artikel yang telah lama.



No comments:

Post a Comment